Skip to main content

Multi Commander, Pengganti Windows Explorer untuk “Keyboard Ninja”

Logo MCUntuk memanipulasi file dalam sistem operasi apapun Anda menggunakan aplikasi File Manager. Windows Explorer adalah File Manager bawaan Windows. Layaknya aplikasi bawaan lain dari Windows, fungsi dan fitur Windows Explorer masuk dalam kategori standar. Jika Anda ingin fungsi yang lebih banyak Anda dapat menggunakan aplikasi File Manager lain, seperti Multi Commander.

Orthodox File Manager

Multi Commander (MC) termasuk kategori orthodox file manager (OFM): memiliki dua panel dan sebuah command line window. Tipe file manager ini dipopulerkan oleh Norton Commander, file commander yang juga saya gunakan di era sistem operasi DOS. Aplikasi file manager dual panel lain yang cukup terkenal di era Windows adalah Total Commander (shareware). Jika Anda menggunakan Linux, Anda mungkin familiar dengan model ini pada file manager Midnight Commander (sudo apt-get install mc untuk menginstall mc pada distro Ubuntu/Debian).

Multi Commander dengan Dual Panel

Kelebihan utama OFM adalah kecepatan: Anda tidak perlu menggunakan mouse untuk proses manipulasi file, semua bisa dilakukan dengan keyboard shortcut. OFM memiliki 2 panel (biasanya kiri dan kanan), namun hanya salah satu yang aktif dalam satu waktu. Untuk berpindah panel cukup dengan memencet tombol Tab pada keyboard. Untuk memanipulasi file, cukup menggunakan shortcut berikut:

  • F3: View (read only)
  • F4: Edit (editor bisa dikonfigurasi, default: notepad untuk teks)
  • F5: Copy
  • F6: Move
  • F7: Makedir (membuat folder)
  • F8: Delete

Navigasi ketika dalam panel dapat menggunakan tombol panah pada keyboard, tombol Home akan membawa Anda ke bagian atas listing direktori (ditampilkan dengan tanda dua titik “..”), dimana Anda dapat menekan Enter untuk naik satu folder ke atas. Untuk memilih file gunakan tombol Spacebar. Anda bisa memilih multiple file yang tidak berurutan dan tekan Ctrl+D untuk deselect/menghilangkan pilihan.

Menggunakan Multi Commander

Jadi bagaimana mengoperasikan MC? Misal: Anda ingin memindahkan file dari folder Documents ke drive E (flash disk). Pastikan panel kiri berada pada folder Documents dan panel kanan berada pada drive D. Pilih file-file yang akan dipindahkan (tekan Spacebar pada file/folder, atau Ctrl+A jika Anda ingin memindahkan semua), lalu tekan F6. Cepat bukan? Anda tidak perlu mengangkat tangan untuk menggapai mouse.

Lalu apa saja fitur yang dimilik MC? Sangat banyak, misalkan: mulitple tab pada panel, rename multiple file, konversi format gambar, membuat .md5 dan verifikasi checksum, dan masih banyak lagi. Fitur lainnya dapat dilihat pada website MC. Tampilan MC-pun dapat dikustomisasi sesuai dengan kemauan Anda, dari letak panel, warna dan lain-lain.

Tampilan MC dengan “Full Toolbar”

Bonus: ada hal yang menarik yang saya temukan di website MC: design website MC dibuat oleh Playmain yang sepertinya digawangi oleh orang Indonesia 🙂

Download Multi Commander (MC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *