Smush.it, Optimalisasi Gambar di Blog Anda dengan Mudah

Blogging, Freeware, Web on March 24th, 2009 10 Comments
Maintenance Bot 09

Image by gIadius via Flickr

Salah satu point penting ketika melakukan desain web adalah performance (performa). Performa disini bukanlah tampilan yang wah atau animasi yang keren, namun sebaliknya: bagaimana halaman web dapat ditampilkan secara cepat, mengurangi resource yang perlu digunakan dari server, meminimalisir koneksi HTTP, dan masil banyak lagi. Gambar, sebagai salah satu elemen yang paling sering digunakan dalam sebuah halaman web tentu saja tidak lepas dari point penting ini. Dan salah satu trik yang digunakan adalah optimalisasi gambar.

Optimalisasi gambar secara sederhana adalah membuat ukuran file gambar (besar file dalam bytes, bukan dimensinya) sekecil mungkin tanpa mengurangi kualitas gambar. Jika anda familiar dengan program Photoshop, ada sebuah fitur yang disebut dengan Save for Web dimana kita bisa melihat preview dari gambar setelah dioptimalisasi (hingga 3 buah gambar).

2009-03-24_091304

Gambar 1. Fitur Save for Web pada Photoshop dimana anda langsung dapat melihat preview 3 tingkatan kualitas gambar/besar file yang akan disimpan (gambar asli/original selalu berada di kiri atas).

Atau jika anda menggunakan program image editor yang lain, ketika akan menyimpan file kedalam format JPG sering kali anda ditanyakan mengenai kualitas gambar yang akan disimpan (biasanya dalam skala 10-100). Ini sebenarnya adalah kualitas gambar setelah proses kompresi: ketika kualitas tinggi tingkat kompresi yang digunakan rendah dan ukuran file menjadi besar. Begitu pula sebaliknya.

Sudah bingung? Atau malah bosan? :-) Oke, saya tidak akan mengajarkan bagaimana menjadi “master optimalisasi” dalam artikel ini. Paragraf di atas adalah sekedar ilustrasi dan pengenalan mengenai optimalisasi gambar. Lalu apa keuntungannya optimalisasi image ini buat para penulis blog ?

  1. Ruang hard disk yang digunakan secara otomatis lebih kecil (terutama yang memiliki paket hosting dengan space kecil).
  2. Bandwith yang digunakan juga kebih kecil (terutama untuk yang menggunakan hosting dengan bandwith terbatas).
  3. Resource server yang digunakan lebih kecil (karena memanggil file dengan ukuran yang lebih kecil).
  4. Halaman web akan tampil lebih cepat di browser pengunjung (karena total jumlah bytes yang harus di download juga lebih kecil).

Dari semua keuntungan ini, hanya satu point minusnya: anda harus melakukan langkah ekstra mengoptimalisasi gambar sebelum di upload ke webserver. Nah disinilah Smush.it memainkan peran penting, karen proses optimalisasi dapat dilakukan secara otomatis!

Berbeda dengan aplikasi desktop, Smush.it merupakan servis online yang dikembangkan oleh Yahoo Exceptional Performance team. Smush.it menawarkan 4 cara optimalisi gambar:

  1. Upload ke web Smush.it
  2. Plugin Firefox
  3. Bookmarklet
  4. Plugin WordPress

Dalam artikel ini saya hanya akan membahas point ke 4. Plugin Smush.it dapat didownload di: http://wordpress.org/extend/plugins/wp-smushit/

Jika anda tidak punya program image editor atau penulis blog yang tidak menggunakan WordPress, 3 cara yang lain dapat berguna bagi anda.

Setelah aktivasi plugin, Smush.it akan secara otomatis melakukan optimalisasi gambar yang di upload. Lalu bagaimana untuk gambar yang sudah berada dalam server? Jangan takut, anda dapat melakukan optimalisasi secara manual. Caranya cukup mudah: login ke halaman Admin WordPress anda dan klik Media > Library dari menu sebelah kiri. Halaman Media Library akan muncul dan anda dapat melakukan optimalisasi gambar satu per satu.

2009-03-24_105525

Gambar 2. Anda dapat dengan mudah melakukan optimalisasi file gambar dari dalam Media Library dengan mengklik link Smush.it now!.

Dari gambar diatas dapat dilihat saya dapat memangkas ukuran file gambar sebesar 25.3% dengan menggunakan Smush.It. Nilai ini dapat berbeda dengan file lain, tergantung dari ukuran file asli dan sebagainya. Secara umum Smush.it dapat mengurangi besar file 10-50%.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Related Posts

Tags: ,

10 Responses to “Smush.it, Optimalisasi Gambar di Blog Anda dengan Mudah”

  1. raiderhost says:

    he.. he.. keren mas.. artikelnya..

    tak copas dengan izin sampeyan :D di blog gue..

    maaf sebelumnya

  2. wah bole juga nih dicoba….
    thx ya pak :D

  3. keren abiz pak….
    ilmu baru nih….
    terimakash ya pak

  4. Gisoft says:

    Weizz, boleh di coba nee, wp ku.. thanks bro..

  5. suamimalas says:

    mantab bang ajay…download dulu ah soale semua web sayah wp nih….

  6. adry says:

    wah Penting neh ,, maklum baru coba pake hostingan gratis :) thx yaa,,

Leave a Reply