ADrive, Simpan Data 50 GB Gratis di Internet

Glass Orbs

Image by Felix via Flickr

Tempat penyimpanan data di Internet bukanlah hal yang baru. Mulai dari zaman Yahoo! Briefcase yang hanya 30 Mb (kalau tidak salah, dan itu pun akan dimatikan Yahoo) hingga zaman sekarang yang sudah menawarkan puluhan/ratusan giga byte (Gb) atau bahkan terra byte (Tb)!

Kali ini saya membahas ADrive, nama yang mungkin untuk beberapa orang akan mengingatkan pada Xdrive (sesama penyedia jasa penyimpanan data online) yang kini sudah tutup. ADrive menawarkan tike jenis akun Basic (50 GB, gratis), Signature (50 GB dengan berbagai fitur extra, $6.5 per bulan), Premium (>100GB, tergantung pihan anda & mulai dari $13.95). Seperti biasa, saya hanya tertarik & mencoba versi yang gratis :-) .

Proses sign-up jika anda belum punya akun relatif sederhana & cepat. Satu hal yang saya pikir sangat bagus adalah ketika membuat password ADrive meminta anda membuat password yang cukup kuat: minimal 8 huruf & harus berisikan kombinasi hurug besar/kecil/angka. Ini menunjukkan kalau ADrive cukup memperhatikan masalah keamanan. Sayang koneksi SSL (Secure Socket Layer; dimana file dienkripsi ketika diupload/download) tidak tersedia untuk akun gratis.

Adrive mengandalkan Java Applet untuk mengupload file berbabasiskan web dan desktop software. Sayangnya cara kedua hanya dapat digunkan bagi pengguna akun non-gratis. Namun versi Java Applet ini cukup mudah digunakan, walau tampilannya yang biru glossy mungkin agak berbeda bagi pengguna awam.

tmpA145

Ketika proses upload, terdapat bar indicator proses upload.

tmpDF7E

Setelah proses upload selesai, muncul layar utama ADrive dimana anda dapat mengatur semua dokumen yang ada.

tmp4553

Satu hal lagi yang menarik, ADrive sudah melakukan kerja sama dengan Zoho. Jadi untuk dokumen office anda dapat langsung mengeditnya online (jika anda memiliki akun di Zoho). Caranya, cukup klik gambar kaca pembesar di bagian kanan nama file dan pilih Edit in Zoho.

Jika anda punya file yang ingin diberikan/dilihat orang lain, cukup klik Share & otomatis file tersebut dipindahkan ke folder My Shared Files. Dari dalam folder ini dengan mengklik icon kaca pembesar disamping nama file, anda dapat melihat URL file tersebut termasuk pilihan untuk mengirimkan file tersebut via Email.

Secara keseluruhan ADrive mudah digunakan, relatif cepat & memberikan ruang yang cukup lega untuk penyimpanan dokumen.

Alternatif lain yang saya gunakan:

25 thoughts on “ADrive, Simpan Data 50 GB Gratis di Internet

  1. pantasan tak cari cari data ku di yahooo kok gak ketemu ketemu ternyata program geratisannnya dah abis yahhh>>>> hhhehehehhe……ketinggalan informasi dehhh……….padahal ada data gambar telanjang ku lohhh…..entar kalau di dapatkan oleh paparazzzziiii gimana kan bisa masuk infotaitmeen…..hehehe …thaks yahh info nya…. by Ariey

  2. Nais inpo, Gan. Hehehe…
    Btw, bisa dishare jadi hostingan gak J? Jadi folder /images ditarik dari sini misalnya?
    hihihi…. just curious ne..

  3. data ini di simpan hanya untuk menjaga data jika hilang
    di tempat penyimpanan sebelumnya agar bisa di ambil kembali
    kapan di perlukan dan bersifat khusus.

    1. Bisa cukup dengan meng-klik share & klik lagi file yg di share untuk melihat linknya. Sayang untuk plan Basic link ini hanya aktif selama 2 minggu, jadi tidak cocok untuk di gunakan untuk blog/web.

  4. Mas mau nanya… kalo mau tak edit khan di klik edit to zoho, aku dah ada akun di zoho… trus untuk ngeditnya di adrive apa di zoho? gimana caranya mohon infonya… n satu lagi mas… tiap aku mo install java appletnya kok ndak bisa apa ya mas masalahnya…. jadi cuman bisa pakek basic uploader….. makasih mas sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>