Skip to main content

Multi Commander, Pengganti Windows Explorer untuk “Keyboard Ninja”

Logo MCUntuk memanipulasi file dalam sistem operasi apapun Anda menggunakan aplikasi File Manager. Windows Explorer adalah File Manager bawaan Windows. Layaknya aplikasi bawaan lain dari Windows, fungsi dan fitur Windows Explorer masuk dalam kategori standar. Jika Anda ingin fungsi yang lebih banyak Anda dapat menggunakan aplikasi File Manager lain, seperti Multi Commander. (more…)

Aplikasi Tambahan untuk ClearOS

ClearOS merupakan salah satu distro Linux yang cukup terkenal sebagai Firewall murah-meriah (baca: gratis). Sudah cukup banyak artikel, blog,bahkan e-book (ada juga yang berbahasa Indonesia) yang membahas ClearOS sebagai firewall, jadi saya tidak akan membahas itu disini.

Salah satu yang menarik dari ClearOS (dan hampir semua proyek OpenSource) adalah kemampuan untuk dikembangkan menggunakan aplikasi tambahan atau extensi. Terdapat beberapa aplikasi yang selalu saya install pada sistem ClearOS, dan caranya cukup mudah karena sudah dibuatkan repository oleh Tim Burgess, salah seorang developer ClearOS.

(more…)

Instalasi Ulang DNS yang Terintegrasi dengan Active Directory

Hal yang mungkin sangat jarang sekali perlu dilakukan oleh seorang SysAdmin, namun memang jika perlu di lakukan mungkin tulisan ini bisa memberi sedikit pencerahan.

Prosedur utamanya: Remove DNS berikut cachenya & install DNS yang terintegrasi dengan Active Directory (berikutnya saya singkat dengan AD). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Uninstall DNS (Start > Manage Your Server > Add/remove a role atau via Control Panel > Add Remove Program > Windows Component)
  2. Hapus file “netlogon.dns” & “netlogon.dnb” pada c:\Windows\system32\config
  3. Hapus folder “dns” pada c:\Windows\system32
  4. Hapus DNS obyek pada AD: (Start > Administrative Tools > AD Users & Computer, klilk View > Advanced Features, expand System folder > MicrosoftDNS dan hapus semua obyek dnsZone di dalamnya. Catatan: pada kasus saya, langkah ini diperlukan untuk menghapus semua data Reverse Lookup Zone yang membandel (tidak bisa dihapus)
  5. Reset password Kerberos. Buka command prompt dan ketik: netdom resetpwd /server:NamaServer /userd:NamaServer\administrator /passwordd:****
  6. Buka setting TCP/IP jaringan (Control Panel > Network Connections, atau klik kanan icon jaringan pada system tray, klik kanan pada icon jaringan yang digunakan > Properties). Pilih TCP/IP klik Properties dan pastikan IP DNS server sudah benar (bukan 127.0.0.1)
  7. Hapus Caching Resolver. Buka command prompt lalu ketik: ipconfig /flusdns
  8. Stop/restart servis Netlogon: net stop netlogon dan net start netlogon
  9. Reinstall DNS
  10. Konfirmasi: cek apakah file/folder pada langkah 2 & 3 muncul kembali dan jalankan perintah: netdiag /fix

Catatan: Proses ini saya lakukan pada Windows Server 2003 R2. Sebelum menginstall ulang DNS Server, sebaiknya di coba dulu diperbaiki (lihat: http://support.microsoft.com/kb/305967/en-us).

Referensi:

EASEUS Partition Master Pro, Gratis Hari ini!

Walau saya lebih sering menggunakan Live CD Linux untuk menghapus & membuat partisi, kadang kala saya butuh tool yang lebih canggih seperti Easeus Partition Master. Kelebihan utama dari software ini adalah Anda dapat merubah ukuran partisi “on-the-fly” (terdapat data di dalamnya). Namun perlu diingat, selalu backup partisi/data Anda sebelum melakukannya.

Terdapat juga Easeus Partition Master Free edition, namun versi gratis ini tidak memungkinan membuat bootable CD dan belum mendukung 64 bit. Khusus hari ini Easeus membagikan Partition Master Professional versi 4.1.1 secara gratis. Anda dapat mengunduhnya di: http://www.partition-tool.com/giveaways/epmpro/

[note]Update: Promo ini ternyata berlaku cukup lama, namun per 1 February 2010 program promo ini berakhir.[/note]